4 Unsur kimia baru ditemukan, saatnya ganti tabel unsur periodik nih!

4 Unsur kimia baru ditemukan, saatnya ganti tabel unsur periodik nih!

Nama unsur-unsur tersebut akan disahkan dalam lima bulan ke depan oleh International Union of Pure and Applied Chemistry.

Sepertinya dalam waktu dekat ini kamu harus segera mengupdate tabel unsur periodik yang kamu punya. Sebab, ada empat unsur kimia baru yang ditemukan Januari 2016 lalu dan jika tidak ada yang keberatan, nama-nama tersebut akan disahkan dalam lima bulan ke depan oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC).

Unsur baru itu akan menduduki posisi nomor 113, 115, 117 dan 118 dalam tabel periodik, yang melengkapi baris ketujuh tabel tersebut. Mereka adalah Nihonium (Hh), Moscovium (Mc), Tennessine (Ts) dan Oganesson (Og). Sesuai tradisi, penamaan unsur baru akan ditentukan oleh penemunya.

Hihonium ditemukan di RIKEN Nishina Center for Accelerator Science, yang nama Jepangnya adalah Nihon. Moscovium merujuk pada nama ibu kota Rusia, Moscow tempat dimana Joint Institute for Nuclear Research berada.

Tennessine merujuk pada US State of Tennessee, lokasi dari Oak Ridge National Laboratory and Vanderbilt University, di mana unsur tersebut ditemukan. Dan yang terakhir, Oganesson merujuk pada nama fisikawan nuklir Yuri Oganesson, orang memimpin penelitian unsur tersebut.

“Sangat menyenangkan melihat tempat spesifik dan nama terkait unsur-unsur baru yang dikenal dengan nama-nama tersebut. Saya melihatnya sambil berdebar-debar saat menyadari bahwa kolaborasi peneliti internasional berada di inti dari penemuan ini dan bahwa nama-nama baru ini membuat penemuan terlihat nyata,” tulis divisi Kimia Inorganik UIPAC seperti dilansir brilio.net dari iflscience, Jumat (10/6).

Unsur-unsur yang tidak terjadi secara alami ini diproduksi di laboratorium dengan cara menembak inti ringan bersamaan dan pelacakan peluruhan dari unsur superberat yang dihasilkan. Unsur tersebut hanya ada untuk sepersekian detik yang membuat penelitian ini rumit. Unsur 113 misalnya, ditemukan dengan memukul lapisan tipis Nismuth dengan perpindahan ion seng sepersepuluh kecepatan cahaya.

Untuk sekarang, dalam buku-buku kimia akan menyambut anak baru dalam blok, pertama sejak 2011. Bila tak ada komplain publik, nama-nama tersebut akan diratifikasi pada bulan November.

Sumber: https://www.brilio.net


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

tolong di isi

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>