Filosofi Pendidikan

Filosofi pendidikan Prodi Kimia diekstrak dari fakta bahwa kimia adalah topik kajian yang menarik dan dinamis dan sangat penting bagi pemahaman kita terhadap banyak isu global dewasa ini. Untuk alasan itu, Prodi Kimia menawarkan kurikulum yang fleksibel yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar dan bekerja di lini terdepan dari subjek yang penting ini. Kurikulum Prodi Kimia membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkarir sebagai pekerja profesional di berbagai industri kimia atau melanjutkan studi ke sekolah pascasarjana. Oleh karena itu, Prodi Kimia perlu membangun budaya yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar sendiri (self learner); menciptakan kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam proyek penelitian dosen dan meningkatkan pemahaman bahwa kesadaran social (social consciousness) dan perilaku etik (ethical behavior) merupakan fitur penting dari komunitas kimia. Prodi Kimia memiliki program penelitian yang aktif dan kondusif yang mendorong mahasiswa untuk bekerja lebih dekat dengan pembimbing penelitian mereka. Hasil penelitian mahasiswa kadang memberikan hasil eksperimen kunci dan bisa dipublikasi dalam jurnal terakreditasi baik nasional maupun internasional. Proses belajar mengajar di Prodi Kimia berfokus pada hal-hal berikut: (1) pengembangan bangunan pengetahuan ilmu kimia pada mahasiswa, (2) pengembangan dan penajaman pemikiran saintifik yang kritis dan analitis pada mahasiswa, (3) penanaman sikap profesionalisme dan pengetahuan mengenai etika ilmiah, dan (4) mendorong mahasiswa untuk belajar seumur hidup.

Prodi Kimia telah mensosialisasikan filosofi pendidikan ini kepada semua staf dosen melalui proses belajar mengajar. Staf dosen belajar dan mengajarkan filososfi pendidikan tersebut secara sistematis dan alami pada saat dia studi dan saat menjadi staf akademik. Selain itu, sistem mentoring yang efektif dari staf senior ke yunior telah membuat filosofi pendidikan Prodi Kimia terartikulasi dengan baik tidak terbatas hanya pada staf akademik tetapi juga kepada mahasiswa kimia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

tolong di isi

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>