ITS Science Days, Cara IKA FMIPA Unhas Kembangkan Alumni

Kegiatan Pembukaan ITS Science Day
Kegiatan Pembukaan ITS Science Day
Kegiatan Pembukaan ITS Science Day

Menyaksikan pembukaan ITS Science Days di Lecture Theatre (LT) 2 FMIPA Unhas, Rabu (31/10) serasa membawa kenangan di masa silam. Kenangan bagi setiap mahasiswa baru Fakultas MIPA Unhas ada di tempat ini.

Kali ini LT 2 telah berbenah. Dihadiri kurang lebih 100 orang yang terdiri dari peserta workshop, tamu undangan. Tampak juga dari Departemen lingkup FMIPA Unhas, ketua IKA jurusan se FMIPA Unhas, panitia dan alumni yang mnyempatkan hadir.

Acara pembukaan diawali oleh laporan koordinator tim kerja, Ahmad Musa Said. Dalam paparannya disampaikan bahwa pendaftar online pada awalnya 91 orang, namun tersaring hanya menjadi 69 orang.

Ketua tim kerja yang akrab disapa Ucha menjelaskan bahwa sponsor kali ini PT. ITS Science Indonesia  Ini untuk pertama kali melakukan workshop di luar Indonesia Bagian Barat dan Unhas adalah tempat yang dipilih.

Sponsor selanjutnya adalah Balai Riset Bududiya Ikan Hias. Lembaga di bawah naungan KKP ini mengutus penelitinya sebagai salah satu narasumber untuk workshop ini.

Sambutan diawali oleh Ketua IKAFMIPA Unhas yang dibawakan oleh Nur Nasrullah. Sebagai ketua harian IKA FMIPA Unhas dalam sambutannya Ulla menyampaikan bahwa acara ini sebagai bentuk partisipasi IKA FMIPA Unhas dalam pengembangan alumni.

Upaya kembangkan alumni meurut Ulla, terutama freshgraduate dan mahasiswa yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja serta masyarakat umum lainnya yang berminat.

Dekan Fakultas MIPA Unhas dikesempatan berikutnya memberi sambutan. Dr. Eng Amiruddin menyampaikan terimakasih pada IKA FMIPA Unhas dan panitia yang telah bekerja untuk rangkaian kegiatan sumpah pemuda. Dari Sumpah Pemuda : Reload serta Workshop ITS Science Days ini.

Dekan Fakultas MIPA Unhas sangat mensupport dan menyatakan sangat terbuka jika alumni melalui IKA membuat kegiatan yang bekerjasama dengan Fakultas.

Acara pembukaan diakhiri dengan serah terima piagam penghargaan dari IKA FMIPA Unhas dan FMIPA Unhas kepada PT. ITS Science Indonesia dan Balai Riset Budidaya Ikan Hias dan sebaliknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, acara ITS Science Days akan diselenggarakan selama 2 hari yaitu Tanggal 31 Oktober sampai 1 November 2017. Acara akan dimulai pukul 08.00 hingga 17.00 Wita setiap harinya.

Adapun pelaksanaan yang terselenggara di hari pertama adalah ITS Preview dan AKTA Protein Purification System. Sedang hari kedua adalah Gel Documentation System dan Nano Spectrometer.

ITS Preview merupakan materi perkenalan PT. ITS Science Indonesia, berkaitan sejarah, kiprah, produk dan layanan yang dipasarkan. Sedangkan AKTA Protein Purification System merupakan instrumen yang bermanfaat untuk purifikasi protein dari sampel yang mengandung banyak protein.

Adapun Gel Documentation System adalah instrument untuk memvisualisasikan, mendokumentasikan gel hasil elektroforesis.

Dan terakhir Nano Spectrometer adalah instrument yang berbasis membaca absorbansi senyawa atau sampel pada panjang gelombang tertentu dengan jumlah sampel yang sangat sedikit (2 mikroliter).

 


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gambar CAPTCHA

tolong di isi

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>