Jajaki Kolaborasi, Profesor Universitas New South Wales Kunjungi P2KIMIA

4

[Berita P2 Kimia] Rabu pagi (17 FebruarI 2016), Pusat Penelitian (P2) Kimia LIPI menerima rombongan tamu dari Australia. Dia adalah Profesor Joseph Lai, Wakil Dekan Hubungan Internasional dari The University of New South Wales (UNSW) yang datang berkunjung didampingi oleh Dr. Budi Prawara dan Edwar Yazid, peneliti dari P2 Tenaga Listrik dan Mekatronika (Telimek) LIPI.

Turut menyambut dari P2 Kimia adalah Dr. Arthur Lelono (Kepala Bidang Tata Usaha, yang mewakili Kepala P2 Kimia), Prof. Dr. Muhammad Hanafi (Koordinator Penelitian Bidang Kimia Bahan Alam dan Farmasi) serta sejumlah peneliti senior dan junior di bidang bahan alam dan farmasi. Di samping itu, turut menyambut pula Dr. Laksana Handoko, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI.

“Kedatangan kami bermaksud mengidentifikasi peluang kerjasama antara Universitas New South Wales Australia dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,” terang Budi yang menemani Joseph Lai. Sebelumnya, P2 Telimek memang tengah menginisiasi kerjasama ini dengan UNSW dan sedang menjajaki kemungkinan perluasan ruang lingkup kerjasama dengan pusat penelitian lain di lingkungan LIPI.

Arthur Lelono selanjutnya menampilkan profil kegiatan penelitian yang telah dan sedang dilakukan di P2 Kimia. Penelitian tersebut bervariasi mulai bidang bahan alam dan farmasi, makanan, metrologi, teknologi proses, katalis, lingkungan, bioenergi, dsb. Kegiatan penelitian ini ditunjang dengan sejumlah peralatan analisa laboratorium seperti NMR, FTIR, LCMS, BET dan lain-lain.

Di sesi berikutnya, Joseph Lai giliran menampilkan profil dan kegiatan penelitian di UNSW. UNSW merupakan salah satu kampus terkemuka di Australia. Di samping kegiatan belajar mengajar, UNSW juga sangat aktif dalam menyelenggarakan riset-riset strategis.

“Di bidang kimia kami tengah melakukan riset untuk desain, sintetis dan kajian baru terkait molekul, struktur supramolekul dan material,” jelas profesor berkacamata tersebut. “Riset ini didukung dengan kemampuan untuk melakukan komputasi kimia,” lanjutnya.

Laksana Handoko yang turut menyimak diskusi dan penjelasan Prof. Lai menyambut antusias peluang kerjasama tersebut.

“Di LIPI juga sangat mendukung kegiatan penelitian, termasuk yang berbasis komputasi,” ujar Handoko. “Kami dilengkapi juga sarana HPC (High Performance Computing),” tambahnya.

Usai pemaparan profil dan diskusi, rombongan selanjutnya menuju P2 Fisika untuk kegiatan serupa. (arief/p2kimia).


2 thoughts on “Jajaki Kolaborasi, Profesor Universitas New South Wales Kunjungi P2KIMIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

tolong di isi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>