Laboratorium Biokimia

[huge_it_slider id=”7″]

Laboratorium Biokimia adalah salah satu laboratorium utama yang keberadaannya sangat penting di Fakultas MIPA karena laboratorium ini merupakan sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran di Prodi Kimia. Laboratorium Biokimia ini melayani praktikum lintas jurusan di FMIPA yaitu jurusan biologi dan bahkan juga melayani Fakultas Kedokteran Hewan. Selain untuk praktikum, Laboratorium ini juga digunakan sebagai laboratorium riset dalam memenuhi tugas akhir mahasiswa S1, S2 dan S3 baik mahasiswa pada prodi kimia maupun pada prodi lainnya yang terkait, seperti mahasiswa S-1 Biologi, S2 dan S3 Biomedik. Laboratorium Biokimia ini juga merupakan laboratorium riset bagi dosen biokimia dalam mengembangkan ilmunya untuk menghasil sesuatu yang produk penelitian. Dalam hal ini dosen dapat membangun dan mengembangkan keterampilan intelektualnya, serta memverifikasi (membuktikan) kebenaran konsep atau teori yang akhirnya menghasilkan sesuatu produk, baik itu produk baru maupun pengembangan produk yang lebih berdaya guna.

A. Outline Riset 

Saat ini riset yang berjalan di Laboratorium Biokimia adalah isolasi, karakterisasi, pemurnian dari protein biaktif dan enzim yang berasal dari mikroba, tumbuhan dan hewan serta aplikasinya dalam bidang kesehatan dan bioteknologi serta sintesis nano partikel kitosan yang orientasi pemanfaatannya sebagai artifiasial skin pada luka bakar.

B. Struktur Laboratorium Biokimia 


Dr. HASNAH NATSIR, M.Si
Kepala Laboratorium Biokimia

C. Staf akademik yang ada di Laboratorium Biokimia yaitu:
1. Prof. Dr. ABD. RAUF PATONG
2. Pror. Dr. AHYAR AHMAD
3. Dr. SENIWATI DALI, M.Si
4. Drs. ABD. KARIM, M.Si
5. Dra. RUGAIYAH A. ARFAH, M.Si
6. ABDUR RAHMAN ARIF, S.Si, M.Si

D. Analis Laboratorium : 
-  MAHDALIA, S.Si 
E. Daftar Peneliti Laboratorium Biokimia :
1. PENELITI S1

N a m a : Nurul Febriani Putri
Judul Penelitian : Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Simbion Spons Penghasil Enzim L-glutaminase dan Aplikasinya Sebagai Antimikroba.
N a m a : Sukmawati Usman
Judul Penelitian : Produksi Bioetanol Dari Fitoplankton Tetraselaus chuii Dengan Metode Sakarifikasi dan Fermentasi Simultan.
N a m a : Eryanti B Barrung
Judul Penelitian : Isolasi dan Identifikasi Protein Bioaktif Dari Alga Coklat Sargassum polycystum dan Potensinya Sebagai Antikanker.

N a m a : Martina Sandapare
Judul Penelitian : Uji Aktivitas Antikanker dan Antioksidan Fraksi Polisakarida yang Diisolasi Dari Alga Coklat Sargassum puplicatum. 
N a m a : Riska
Judul Penelitian : Isolasi dan Karakterisasi Enzim Asparaginase Dari Spons Sebagai Antimikroba.  

2. PENELITI S2

N a m a : Fatahu
Judul Penelitian : Sintesis Nanopartikel Kitosan Sebagai Artifisial Skin Pada Luka Bakar. 
N a m a : Sarni
Judul Penelitian : Produksi Oligomer Kitosan Dari Limbah Udang Windu (Penaeus modon) Dengan Enzim Kitosanase Dan Aplikasinya. 
N a m a : Alfian Nasir Maidin
Judul Penelitian : Produksi Kitosan Dari Limbah Kulit Udang Secara Enzimatis Dan Aplikasinya Sebagai Penurun Kolesterol. 

N a m a : Sabaniah Indjar Gama
Judul Penelitian : Analisis logam Co, Fe, Dan Mn Pada Lamun Enhalos acoroides Dan Simbionnya Di Perairan Pasar Wajo, Buton.
 

3. PENELITI S

N a m a : Abd. Karim
Judul Penelitian : Desain Dan Aplikasi Biosensor Menggunakan Enzim Diaminoksidase Dari Kacang Hijau Untuk Analisis Histamin Pada Ikan Cakalang (Katsuaronus pelamis L). 
N a m a : Rugaiyah A. Arfah
Judul Penelitian : Isolasi, Pemurnian Dan Karakterisasi Enzim ±-Amilase Dari Bakteri Termofil Sumber Air Panas Lejja, Sulawesi Selatan Dan Aplikasi Dalam Hidrolisis Pati Tepung Sagu Dan Pati Ampas Sagu Menjadi Maltodekstrin.
N a m a : Tahirah
Judul Penelitian : Isolasi Dan Pemurnian Protein Aktif Dari Kerang Kepah Yang Berpotensi Sebagai Antimikroba Dan Hepatoprotektif.

N a m a : Maswati Baharuddin
Judul Penelitian : Kajian Enzim Selulase Dari Bakteri Simbion Larva Kupu-Kupu (Cossidae): Pemurnian, Karakterisasi Dan Aplikasi Dalam Hidrolisis Lignoselulosa Jerami.