Program Magister Ilmu Kimia

Ketua Program Studi : Dr. Paulina Taba, M.Phill.

Program studi kimia PPS Unhas telah dimulai sejak 1992 dan selama sepuluh tahun (1992-2002) telah menamatkan sekurangnya 120 alumni. Dengan adanya kemajuan iptek yang pesat selama kurun waktu akhir abad duapuluh dan memasuki abad duapuluh satu, para ahli kimia sepakat bahwa sudah tiba waktunya pendidikan kimia disegarkan kembali dan direstrukturisasi dengan cara dan tujuan yang agak berbeda (C&EN : Education, America Chemical Society dalam www.pubs.acs.org).

Ilmu Kimia saat ini sedang menjadi disiplin universal karena kimia dapat melebur (infused), dapat mendasari (underline), dan memperkaya (enriches) setiap pokok bahasan yang memungkinkan. Selain itu, mahasiswa yang dididik menjadi magister kimia kan bekerja dalam lingkungan orang-orang yang kebanyakan bukan ahli kimia. Maka program magister kimia unhas mengambil inisiatif mengembangkan kurikulum yang hidup dan dibutuhkan dimasyarakat tetapi sekaligus membawa visi molekuler dalam misinya artinya segala persoalan yang menyangkut ilmu kimia selalu dapat diselesaikan jika berbasis pada penyelesaian tingkat molekuler.

Mulai tahun 2004-2005, program magister kimia telah mengalami perubahan yang substansial. Konsentrasi kajian yang ada selama ini di reformatisasi menjadi dua konsentrasi baru yaitu konsentrasi Kimia lanjut dan Kimia Hibrid. Keduanya diharapkan memenuhi tujuan pendidikan akademis maupun kebutuhan pengembangan bidang-bidang lain yang bergantung sebagian kepada ilmu kimia.� 

� 

Visi Program Studi :

Pada tahun 2023, menjadi program studi pilihan yang mengembangkan ilmu kimia sebagai sentrum sains dan teknologiterutama dalam pemanfaatan sumberdaya alam benua maritim.

Misi Program Studi :

1. Mampu meningkatkan peran ilmu kimia untuk memecahkan masalah kemasyarakatan.

2. Mampu mengembangkan konsep ilmu kimia untuk diaplikasikan dalam penelitian.

3. Mampu mengembangkan penelitian dengan memanfaatkan sumberdaya alam wilayah pesisir

Tujuan Program Studi :

1. Menghasilkan magister kimia yang menguasai ilmu kimia tingkat lanjut.

2. Menghasilkan magister kimia yang mampu melakukan penelitian terutama dengan memanfaatkan sumberdaya alam wilayah pesisir.

3. Menghasilkan magister kimia yang mampu mengkomunikasikan ilmunya kepada masyarakat.

Profil Lulusan Program Studi :

Magister Kimia yang memiliki keahlian mengelola sumber daya alam utamanya sumber daya laut dan mampu mengembangkannya menjadi bahan yang berguna bagi ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia.

INFORMASI TAMBAHAN